//
uji kemayaan NIAT investasi sendiri

silakan main2 ke blog yang satu ini untuk menguji NYALI sendiri terkait dengan NIAT investasi portofolio sendiri : http://transaksisaham.wordpress.com/pemalas-bodoh-ala-indon/

… nah sebelum elo bener2 seriusan, neh cek TAU DIRI elo DULU DAH: (hitung sendiri berapa skor elo)

Investment Profile Questionnaire
Your investment strategy requires thought and planning. A very important factor to consider prior to investing any money is the length of time your investment will remain in the chosen vehicle. Mutual fund investments typically have a long-term horizon. Many investors diversify their investment dollars across several asset classes in an attempt to spread risk, buffer volatility and diversify the opportunities to achieve returns. Diversification does not assure a profit or protect against loss.

Completing the questionnaire below and discussing the results with your PFS Investments Registered Representative can be a valuable step toward evaluating your continued approach to investing. The total score from your responses is a rough indication of how much risk you prefer in your investments from information you have provided. Keep in mind that this profile is intended to give you a start and doesn’t cover all the issues that you should consider.

Investment Profile Questionnaire

In the questions below, select the appropriate statement that best indicates your risk or safety by clicking within the circle with your mouse.

What is your current age? berapa umur elo sekarang
5 Points Less than 45 kurang dari pada 45 tahun
4 Points 45 to 55
3 Points 56 to 65
2 Points 66 to 75
1 Point Older than 75 lebih tua dari 75 tahun
When do you expect to start drawing income? kapan elo baru akan mencairkan/meredeem/ambil laba investasi elo?
5 Points Not for at least 20 years setidaknya 20 taon atawa lebih
4 Points In 11 to 19 years
3 Points In 6 to 10 years
2 Points In 1 to 5 years
1 Point Within 1 year dalam waktu 1 taon
For this investment, I intend to take: seberapa besar risiko yang elo berani dan mau ambil
5 Points Higher risk in return for potentially superior returns risiko tinggi dengan hasil tertinggi
4 Points Moderate to higher risk in return for potentially greater return
3 Points Moderate risk in return for some growth opportunity
2 Points Low risk in return for a little growth opportunity
1 Point Slight to no risk in return for general stability of principal tanpa risiko sama sekali yang penting aman
Assuming normal market conditions, what would you expect from this investment over time? imbal hasil apa yg diharapkan
5 Points To generally keep pace with the stock market sesuai perkembangan pasar saham
4 Points To slightly trail the stock market, but make a good profit sesuai sedikit perkembangan saham tapi cukup
3 Points To trail the stock market, but make a moderate profit
2 Points To have some stability, but make modest profits
1 Point To have a high degree of stability, but make small profits yang penting aman dan berlaba sedikit lah
Suppose the stock market performs unusually poorly over the next decade. What would you expect from this investment?
5 Points To also perform poorly ya, apa boleh buat, ikut rendah seperti imbal hasil saham
4 Points To make very little or nothing
3 Points To make a little gain
2 Points To make a modest gain
1 Point To make gains, regardless of the stock market’s performance pokoke aman dan ada sedikit laba lah

Which of these statements would best describe your attitudes about the next three years’ performance of this investment?

dalam 3 taon ke depan elo berekspektasi investasi elo akan menjadi apa

5 Points I understand a loss of principal is a realistic possibility ya mungkin aja rugi seh
4 Points I can tolerate a loss bisa menerima sedikit kerugian
3 Points I can tolerate a small loss
2 Points I’d have a hard time tolerating any lossess
1 Point I need to at least see some return seharusnya tetap laba donk
Which of these statements would best describe your attitudes about the next three month’s performance of this investment?

apa ekspektasi elo dalam 3 bulan ini?

5 Points I wouldn’t worry about market fluctuations in that time frame ga perduli mau naek turun kek
4 Points If my investment declined greater than 20%, I’d be concerned
3 Points If my investment declined greater than 10%, I’d be concerned
2 Points I can only tolerate small short-term fluctuations in my investment
1 Point I’d have a hard time accepting any investment declines aduh, jangan sampe gw rugi donk

YOUR INVESTMENT PROFILE SCORE IS:




tumbuh agresif ( 32-35) : JELAS NEKAT MAEN SAHAM: short selling, maen ipo, maen saham bobo, inves cara cerdas, reksa dana dengan porsi saham 90% atawa lebih

tumbuh dan tumbuh moderat (18-31): kira2 ini inves cara bodoh, reksa dana dengan porsi saham 89%-0%, emas, properti, lain2

di bawah hasil tes tersebut (17-01) di atas ini JELAS GA USAH MAEN SAHAM SAMA SEKALE DAH … elo maen tenis dan golf aja dah 😛

The Investment Profile Score above is for informational purposes only. To review or update your investment objective on your Legg Mason, Van Kampen, Invesco Aim, or Pioneer account, log into Primerica Shareholder Services.

An investor should consider the investment objectives, risks, fees and expenses of a mutual fund carefully before investing. A prospectus contains this information and other information about the investment offerings. The prospectus contains this and other information. Read and consider the prospectus carefully before investing. Contact a PFSI registered representative for a current prospectus.

… sesudah selesai ikut tes, baca lah artikel berikut (buat pengendalian diri) :

Jumat, 11/06/2010 09:19:32 WIB
Tangkal krisis dengan piramida keuangan
Oleh: Mike R. Sutikno
Jika susunan kekayaan Anda ada lah sebuah monumen, bentuk yang paling tepat untuk menggambarkannya adalah piramida. Bangunan se gi ti ga raksasa yang diperuntukkan sebagai makam Firaun, memang luar biasa.
Berdiri dengan kokoh menjulang tinggi selama ribuan tahun, tak go yah diterjang badai gurun pasir dan ganasnya matahari Mesir. Fondasi yang lebar di bawah dan puncak yang mengerucut ke atas, ini konstruk si yang juga mengilhami perencanaan keuangan dan pengelolaan kekayaan dalam menghadapi kerasnya dunia investasi dan ketidakpasti­an ekonomi.

Profil risiko

Apakah Anda termasuk golongan orang yang tenang menghadapi fluktuasi harga dan tetap bisa tidur dengan nyenyak? Atau apakah Anda termasuk dari mereka yang selalu merasa was-was terhadap keamanan dan kepastian dari investasi?

Ini sebuah peng gam baran sederhana saja dari apa yang diistilahkan sebagai profil risiko. Artinya, ter dapat kemungkinan bahwa Anda bisa kehilangan sejumlah tertentu dari nilai awal/pokok investasi Anda. Ini juga bisa berarti bahwa tingkat keuntung an aktual pada saat Anda berinvestasi kemungkinan tidak sesuai dengan perkiraaan.

Tentu saja kita berharap mendapat potensi tingkat keuntungan tertinggi. Namun, makin akurat kepastian prediksi keuntungan suatu investasi, makin rendah risiko investasi tersebut.

Artinya makin kecil ketidakpas ti an harga/nilai suatu jenis investasi berarti makin rendah juga return-nya, sebaliknya juga begitu. Yang sulit dikendalikan adalah bahwa semakin tinggi risiko walaupun semakin tinggi pula return-nya, dengan cepat dapat terwujud menjadi suatu situasi tidak adanya return investasi bahkan negatif. Ini berakibat kehilangan nilai awal/pokok investasi.

Profil risiko adalah selera, artinya kecenderungan investor dalam memilih jenis investasi apa yang disukainya. Hati-hati mengenai apa yang disukai dan yang tidak disukai karena sifatnya subjektif.

Bisa jadi Anda memilih apa yang Anda ingin kan, tetapi belum tentu dibutuhkan, ini bisa menjadi bumerang. Untuk memahami hubungan profil risiko dengan perencanaan keuangan ke dalam perspektif yang tepat, kita dapat menggunakan piramida perencanaan keuangan tersebut, yaitu sebuah konsep mengenai susunan kekayaan terdiri dari berbagai jenis kategori investasi pada kelas aset yang berbeda.

Pada konsep ini, secara objektif tidak saja berbagai produk investasi diletakkan secara berurutan dari bawah ke atas berdasarkan tingkat keuntungannya dan risikonya, mulai yang terendah sampai yang tertinggi, tetapi juga disusun berdasarkan fungsi dan tujuan keuangan­nya.

Profil risiko

Apakah Anda termasuk golongan orang yang tenang menghadapi fluktuasi harga dan tetap bisa tidur dengan nyenyak? Atau apakah Anda termasuk dari mereka yang selalu merasa was-was terhadap keamanan dan kepastian dari investasi?

Ini sebuah peng gam baran sederhana saja dari apa yang diistilahkan sebagai profil risiko. Artinya, ter dapat kemungkinan bahwa Anda bisa kehilangan sejumlah tertentu dari nilai awal/pokok investasi Anda. Ini juga bisa berarti bahwa tingkat keuntung an aktual pada saat Anda berinvestasi kemungkinan tidak sesuai dengan perkiraaan.

Tentu saja kita berharap mendapat potensi tingkat keuntungan tertinggi. Namun, makin akurat kepastian prediksi keuntungan suatu investasi, makin rendah risiko investasi tersebut.

Artinya makin kecil ketidakpas ti an harga/nilai suatu jenis investasi berarti makin rendah juga return-nya, sebaliknya juga begitu. Yang sulit dikendalikan adalah bahwa semakin tinggi risiko walaupun semakin tinggi pula return-nya, dengan cepat dapat terwujud menjadi suatu situasi tidak adanya return investasi bahkan negatif. Ini berakibat kehilangan nilai awal/pokok investasi.

Profil risiko adalah selera, artinya kecende rungan investor dalam memilih jenis investasi apa yang disukainya. Hati-hati mengenai apa yang disukai dan yang tidak disukai karena sifatnya subjektif.

Bisa jadi Anda memilih apa yang Anda ingin kan, tetapi belum tentu dibutuhkan, ini bisa menjadi bumerang. Untuk memahami hubung an profil risiko dengan perencanaan keuangan ke dalam perspektif yang tepat, kita dapat menggunakan piramida perencanaan keuangan tersebut, yaitu sebuah konsep mengenai susunan kekayaan terdiri dari berbagai jenis kategori investasi pada kelas aset yang berbeda.

Pada konsep ini, secara objektif tidak saja berbagai produk investasi diletakkan secara berurutan dari bawah ke atas berdasarkan tingkat keuntungannya dan risikonya, mulai yang terendah sampai yang tertinggi, tetapi juga disusun berdasarkan fungsi dan tujuan keuang an­nya.

Dasar piramida

Bagian bawahnya haruslah melebar sebagai pondasi dasar yang kuat untuk menopang bagian tengah dan kerucutnya. Dasar piramida ini bertujuan menyediakan stabilitas dan ke amanan dalam mengantisipasi risiko yang bisa mengurangi harta kekayaan Anda, juga dalam rangka memenuhi kebutuhan kas untuk pe nge luaran jangka pendek.

Dengan demikian fondasi ini harus terdiri dari jenis aset yang likuid, yang walaupun memberikan tingkat keuntungan kecil tetapi lebih bisa dipastikan. “Aku akan siap kapan pun kamu membutuhkan aku.” Kalimat yang agak romantis ini benar-benar tidak akan terdengar janggal , ketika Anda BU (butuh uang).

Jenis aset yang tepat berada di dasar piramida ini, adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi kerugian harta benda. Mereka adalah jenis aset yang sebaiknya tidak dibeli karena harapan Anda akan tingkat keuntungan tinggi. Namun, karena kemampuannya menyediakan likuiditas (dana santunan) bagi Anda ketika musibah menimpa.

Selain itu, rekening di bank seperti tabungan yang berfungsi sebagai dana darurat dapat menjadi jaring pengaman yang bisa diandalkan saat Anda membutukan dana kas tanpa harus kehilangan nilai pokoknya.

Tambahkan lagi dengan deposito dan surat utang pemerintah jangka pendek, untuk sumber arus kas rutin. Disarankan juga memasukkan perencanaan warisan ke dalam bagian dasar piramida, agar jika Anda meninggal dunia-harta kekayaan Anda dapat terus dikelola secara optimal dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi ahli waris.

Bagian tengah

Walaupun lebih berisiko dari bagian dasar, bagian tengah piramida berfungsi membantu Anda mencapai tujuan-tujuan keuangan yang ditargetkan dalam kurun waktu tertentu.

Bagian ini terdiri dari kombinasi antara berbagai pilihan aset mulai dari jenis investasi yang kurang likuid, tetapi berisiko rendah sampai jenis investasi dengan tingkat risiko lebih tinggi seperti instrumen utang berpendapatan tetap jangka menengah dan jangka panjang, reksa dana penda pat an tetap dan reksa dana campuran.

Bagian tengah piramid ini dibentuk untuk mencapai suatu tujuan keuangan tertentu yang ingin dicapai dalam jangka menengah dan jangka pendek seperti membeli rumah, dana pendidikan anak.

Intinya, karena tujuan keuangan yang ingin dicapai masih beberapa tahun ke depan maka Anda bisa menempatkan aset yang kurang likuid, juga aset yang tingkat kepastiannya lebih rendah, tetapi memberikan tingkat keuntungan investasi yang lebih tinggi .

Titik puncak

Puncak piramida digunakan untuk mencapai tujuan keuangan terpanjang dalam hidup Anda, yaitu persiapan dana pensiun yang rata-rata berkisar 20-30 tahun. Anda membutuhkannya untuk membiayai hidup setelah tidak bekerja.

Masa puluhan tahun ini akibatnya akan membuat jumlah dana pensiun yang dibutuhkan mengalami kenaikan luar biasa besar. Kabar baiknya, dengan memulainya selagi muda maka Anda akan memiliki horizon investasi yang amat panjang.

Kesempatan ini dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan jenis aset dengan tingkat likuiditas paling rendah, tingkat ketidakpastian paling tinggi tetapi diperkirakan dapat memberikan pertumbuhan nilai yang tinggi dalam jangka panjang.

Bagian ini akan terdiri dari jenis investasi berisiko tinggi seperti saham, reksa dana saham juga properti seperti tanah dan bangunan. Jenis investasi seperti ini mengharuskan investor untuk berinvestasi pada waktu yang sangat panjang guna mendapat tingkat pertumbuhan yang mengalahkan aset lainnya.

LES MAEN SAHAM SEDERHANA ala WARTEG saham gw

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 78 pengikut lainnya

Statistik Kunjungan

  • 24,998 hits

Posting gw

Kalender Tahun Ini

Desember 2017
S S R K J S M
« Okt    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori

neh gw ngetwit youw

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

%d blogger menyukai ini: